Logo dapat memperkuat
nama brand di pasaran. Keberadaan logo dalam dunia bisnis diibaratkan sebagai
wajah yang mewakili gambaran suatu perusahaan dan produk. Perusahaan besar,
industri rumahan, bahkan toko online yang berjualan di media sosial saja juga
membuat logo untuk mewakili bisnisnya.
Tentunya, logo tidak
boleh asal dibuat, tapi harus bisa merepresentasikan jenis usaha. Logo akan
jadi simbol identitas suatu brand yang membedakannya dengan brand lainnya.
Itulah sebabnya, logo akan digunakan dalam segala kegiatan promosi dan
pemasaran bisnis.
Desain logo dapat
berpengaruh terhadap branding suatu produk. Logo yang baik dapat mudah dikenali
dan akan dikenang oleh banyak orang. Logo dapat membangun persepsi konsumen
mengenai bisnis Anda secara umum.
Namun, membuat logo suatu
brand bukan perkara yang gampang. Mendesain logo yang menarik membutuhkan
kreativitas yang tinggi. Seringkali, pemilik usaha dan desainer grafis
membutuhkan waktu yang panjang untuk memikirkan ide hingga menyelesaikan desain
logo.
Nah, berikut simak tips
membuat logo yang sesuai dengan brand.
Cari Referensi Logo
Carilah referensi logo
sebanyak mungkin di internet. Mencari referensi logo bukan untuk menjiplak,
melainkan untuk mendapatkan inspirasi. Dengan melihat referensi desain logo
orang lain dan mempelajari sejarah pembuatannya, Anda akan memiliki perbandingan
dan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang berbeda dan tidak mirip
dengan yang lain.
Pahami Visinya
Setiap bisnis memiliki
latar belakang. Pasti ada seluk beluk kenapa bisnis tersebut berdiri. Guna
memudahkan proses desain logo, Anda harus memahami visi dan misi bisnisnya,
serta memahami keunggulan dan karakteristik dari brand. Dengan demikian, desain
logo yang dibuat dapat menunjukkan identitas brand dengan tepat.
Membuat Sketsa
Rancanglah beberapa
sketsa sebagai alternatif. Dengan membuat sketsa terlebih dahulu, Anda bisa
mengeksplorasi desain dan jadi punya gambaran bentuk logo yang mana yang paling
baik untuk dikembangkan.
Memiliki Filosofi
Bentuk logo bisa dibuat
berupa rangkaian gambar atau huruf, maupun gabungan keduanya. Pembuatan logo
juga memperhatikan warna. Ada yang satu warna, ada yang beberapa warna.
Sebaiknya, bentuk dan warna tersebut memiliki filosofi tersendiri yang dapat
mengungkapkan nilai suatu brand. Sebab filosofi dalam logo memberikan makna
yang mendalam sehingga lebih berkesan karena ternyata logonya dibuat penuh
arti.
Sederhana
Logo tidak harus
menampilkan nama merek dan slogan, tapi cukup dengan gambar. Seperti logo
Twitter yang berbentuk gambar burung, atau logo Apple yang berbentuk buah apel
yang tergigit di sisi kanannya. Jadi, tak harus membuat logo yang rumit
bentuknya jika brand Anda bisa direpresentasikan ke dalam logo yang desainnya
sederhana. Karena yang sederhana biasanya lebih mudah diingat dan dikenang.
Sedangkan desain yang rumit, belum tentu menarik dan keren.
0 komentar:
Posting Komentar